Teruntuk ibu, wanita tangguh yang tak henti mengukir karya...

Teruntuk ibu, wanita tangguh yang tak henti mengukir karya...

Entah kenapa setiap pulang ke rumah larut malam ibu selalu menanti di pintu masuk, padahal berkali saya bilang agar ibu tidur duluan saja.  Beliau berkata belum bisa tidur tenang kalau anaknya belum pulang.

 

Setelah itu beliau tak langsung tidur,  selalu menyempatkan diri untuk mendengar cerita hidup saya hari itu sambil sesekali menyisipkan nasihat.  Padahal saya tau siang harinya beliau sibuk mengemban amanah untuk mencerdaskan anak bangsa di kampusnya.

 

Jadi teringat kisah tentang Napoleon Bonaparte, pemimpin Prancis dengan kekuasaan yang amat luas di Eropa, dulu pernah ditanya: “Benteng manakah di Prancis yang paling kuat?
Napoleon menjawab, “Benteng terkuat adalah para ibu yang baik.”

 

Pemimpin besar, ilmuwan brilian, pengusaha sukses pun lahir dari rahim seorang wanta.  Anak memang buah hati dari dua insan, tapi ia dititipkan dalam 1 tubuh.  Tubuh seorang wanita. Ia pun tumbuh berkembang dengan didikan wanita.  Ibu adalah sekolah yang pertama” begitu Nabi Besar Muhammad SAW bersabda.

 

Tak heran Bung Hatta pernah berkata kalau kau mendidik laki-laki itu berarti kau mendidik satu orang, tapi kalau kau mendidik perempuan berarti kau mendidik satu generasi.

 

Ada kata-kata yang saya sangat suka, yang membuat dada saya bergetar setiapkali membacanya. Semakin mengingatkan saya akan kewajiban menghormati dan memuliakan wanita.

 

“Tanpa wanita takkan ada bangsa manusia. Tanpa bangsa manusia takkan ada yang memuji kebesaran-Mu. Semua puji-pujian untuk-Mu dimungkinkan hanya oleh titik darah, keringat dan erang kesakitan wanita yang sobek bagian badannya karena melahirkan kehidupan.” (Pramoedya Ananta Toer).

 

Ya Allah, anugerahkan kepada bangsa ini wanita-wanita yang tangguh, bijak, dan cerdas yang akan menghasilkan pemimpin-pemimpin besar yang kelak menyirami tanah air ini dengan keadilan.

 

Teruntuk Ibu, wanita tangguh yang tak henti mengukir karya.

 

Saat kananmu mengayun bayi manis sang generasi baru kehidupan, secara bersamaan kirimu mengguncangkan dunia.

 

 

 

#http://nuranibernyala.tumblr.com/post/44521075571/teruntuk-ibu-wanita-tangguh-yg-tak-henti-mengukir

See Also

Menggunakan Dress Batik Sesuai Tubuh
Menggunakan Dress Batik Sesuai Tubuh
Macam-macam Bahan Alami Pewarna Batik
Macam-macam Bahan Alami Pewarna Batik
Batik Papua, Kain Tradisional Khas Papua
Batik Papua, Kain Tradisional Khas Papua
Mengenal Jenis-jenis Kain Batik
Mengenal Jenis-jenis Kain Batik