Cara Memilih Kain Batik yang Baik dan Berkualitas

Cara Memilih Kain Batik yang Baik dan Berkualitas

Indonesia memiliki keanekaragaman budaya yang sangat indah. Seperti warisan budaya yang satu ini telah diakui oleh dunia internasional yaitu UNESCO bahwa “Batik” merupakan warisan budaya Indonesia dan sebagai orang Indonesia kita patut bangga dan lestarikan. Setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas motif tersendiri, sehingga dengan keanekaragaman itu makin memperkaya budaya Indonesia.

Dengan banyaknya pilihan dari bahan hingga motif batik, sehingga menuntut kita untuk memiliki tips pintar dalam memilih batik yang baik dan berkualitas. Batik yang berkualitas belum tentu batik dengan harga mahal. Berikut adalah tips untuk memilih kain batik yang berkualitas, yaitu :

1. Pilihlah jenis Kain Batik

Apabila anda ingin membeli batik sebaiknya dipastikan dahulu bahwa batik tersebut akan anda gunakan dalam kegiatan sehari-hari atau untuk acara tertentu. Ini dimaksudkan agar anda lebih merasa nyaman dalam mengenakan batik. Jika baju batik tersebut akan anda gunakan sehari-hari sebaiknya memilih kain batik yang berbahan katun, karena dapat menyerap keringat dan tetap nyaman.

2. Pilihlah Jenis Batik

Pilihan jenis batik pun perlu anda pertimbangkan, apa akan membeli jenis batik tulis, batik cap atau batik jumputan. Biasanya jenis batik tulis akan memiliki harga yang lebih mahal daripada batik cap. Karena dalam pembuatan batik tulis ini diperlukan kreatifitas yang tinggi dan memerlukan proses yang sangat panjang.

3. Membalik Bahan

Sebelum andan membeli kain batik disarankan untuk membeli kain. Hal ini dimaksudkan agar anda mengetahui kualitas batik yang akan anda beli. Biasanya batik yang memiliki kualitas baik adalah batik yang cetakan luar dan dalamnya memiliki cetakan warna yang sama. Apabila kain batik tersebut memiliki cetakan warna dan corak yang sama pada sisi luar dan dalam, berarti jenis batik tersebut memiliki kualitas baik. Apabila cetakan dan corak telah sama, ini menunjukkan bahwa kain batik tersebut telah melalui proses secara detail. Biasanya jenis kain batik yang seperti ini lebih awet digunakan dan tidak mudah luntur daripada kain batik yang memiliki cetakan warna yang tidak sama pada bagian luar dan dalamnya.

4. Meraba cetakan warna

Apabila anda ingin tahu apakah kain batik yang anda pilih tidak akan luntur. Disarankan untuk anda meraba warna cat yang ada pada kain batik tersebut. Pastikan warna yang ada tidak menempel pada tangan anda.

Bila warna cat kain batik yang anda pilih menempel pada tangan anda. itu menandakan bahwa kain batik tersebut memiliki kualitas yang sangat rean indah. Itu terlihat dengan warna cat kain yang menempel dan akan mudah luntur. Itu juga yang akan menyebabkan lambat laun motif kain batik akan cepat pudar dan tidak indah lagi.

5. Menempelkan pada kulit

Jika anda membeli kain batik disarankan juga untuk anda tempelkan kain tersebut pada kulit anda. ini bertujuan angar anda tahu kualitas bahan yang digunakan untuk kain batik tersebut. Salah satunya dengan merasakan rasa dingin yang ditimbulkan pada saat anda memakai kain batik tersebut. Ini artinya bahwa kain batik yang anda pilih memiliki kualitas yang baik dan akan menimbulkan rasa nyaman pada saat anda memakainya.

 

Biasanya jenis kain seperti ini tidak mudah pudar apabila dicuci berkali - kali. Dan jangan takut bila anda menemukan jenis kain batik yang kaku. Karena hal tersebut memang sering terjadi dan akan melunak pada saat kita sering mencucinya.

Semoga informasi diatas dapat menambah pengetahuan anda dalam berburu kain batik yang anda inginkan.

Bangga Dengan Batik Indonesia!

See Also

Menggunakan Dress Batik Sesuai Tubuh
Menggunakan Dress Batik Sesuai Tubuh
Macam-macam Bahan Alami Pewarna Batik
Macam-macam Bahan Alami Pewarna Batik
Batik Papua, Kain Tradisional Khas Papua
Batik Papua, Kain Tradisional Khas Papua
Mengenal Jenis-jenis Kain Batik
Mengenal Jenis-jenis Kain Batik