Batik Klasik

Batik Klasik

            Batik merupakan kebudayaan Jawa yang sangat kental di telinga kita. Tidak lepas dari itu, batik sekarang bukan lagi menjadi pakaian yang hanya digunakan untuk acara formal tapi juga bisa untuk acara casual. Batik memiliki sudut ciri khas tersendiri bagi orang yang sangat mengenal batik. Batik memiliki corak dan warna yang beraneka ragam sehingga memiliki arti khusus.

            Bahan batik yang biasanya digunakan yaitu bahan katun ada yang menggunakan cap ada juga yang merupakan batik tulis. Harganya pun pasti menyesuaikan tingkat kesulitan dari bagaimana batik itu dibuat. Batik pun bisa di bentuk ke dalam media apapun tidak hanya media baju.

             Batik Klasik yang diusung kali ini berarti suatu karya (umumnya dari masa lampau) yang bernilai seni serta ilmiah tinggi berkadar keindahan dan tidak luntur sepanjang masa. Batik klasik merupakan suatu karya seni yang bersifat kuno atau tradisi yang memiliki kadar keindahan tinggi. Batik klasik tidak luntur sepanjang masa karena bermakna filosofis yang berarti mengandung unsur-unsur ajaran hidup yang banyak digunakan khususnya oleh masyarakat Jawa. Batik klasik mempunyai 2 macam keindahan yaitu keindahan visual dan keindahan filosofi. Keindahan visual adalah rasa indah penglihatan panca indera yang diperoleh dari perpaduan atau harmoni berupa susunan bentuk dan warna. Sedangkan keindahan filosofi atau jiwa adalah rasa indah yang diperoleh karena susunan arti atau lambang yang membuat gambar sesuai dengan paham yang dimengerti. Contoh batik klasik adalah parang rusak, kawung, sidomuksi dan lain-lain.

See Also

Menggunakan Dress Batik Sesuai Tubuh
Menggunakan Dress Batik Sesuai Tubuh
Macam-macam Bahan Alami Pewarna Batik
Macam-macam Bahan Alami Pewarna Batik
Batik Papua, Kain Tradisional Khas Papua
Batik Papua, Kain Tradisional Khas Papua
Mengenal Jenis-jenis Kain Batik
Mengenal Jenis-jenis Kain Batik